Implementasi Usaha Bisnis Bidang
Rumah
Makan di Kota Jambi
Disusun oleh :
Revie Daramitha Utami
A1A113002
PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JAMBI
2013
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kita ucapkan kehadirat Allah SWT Yang Maha Mendengar Lagi Maha Melihat
dan atas segala limpahan rahmat, taufik, serta hidayah-Nya sehingga penulis
dapat menyelesaikan karya tulis yang berbentuk makalah ini dengan judul “
Implementasi Usaha Bisnis Bidang Rumah Makan di Kota Jambi” sesuai dengan waktu
yang direncanakan.
Shalawat
serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Nabi Besar Muhammaad SAW
beserta seluruh keluarga dan sahabatnya yang membantu perjuangan beliau dalam
menegakkan Dinullah dimuka bumi ini.
Dalam
penulisan makalah ini, tentunya banyak pihak yang telah memberikan bantuan baik
moril maupun materil, oleh karena itu penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada :
1. Bapak Prof. Dr. Drs. Khairinal, Dpt. BA. M.Si , selaku dosen pengampu mata
kuliah pengantar bisnis.
2. Bapak Thomas Darman selaku narasumber.
3. Kepada semua sahabat dan teman-teman satu
angkatan yang penulis tidak sebutkan namanya satu persatu.
Penulis menyadari bahwa makalah ini
masih jauh dari kesempurnaan, maka saran dan kritik yang konstruktif dari semua
pihak sangat diharapkan demi penyempurnaan makalah ini selanjutnya.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat
bagi semua pihak, khususnya bagi penulis dan pada pembaca pada umumnya, semoga
Allah SWT meridhoi dan dicatat sebagai ibadah disisi-Nya, Amin ya rabbal
Alamin.
Jambi,
09 November 2013
Penulis,
HALAMAN
PENGESAHAN
Makalah ini telah melalui tahap wawancara
kepada narasumber pada :
Hari : Kamis
Tanggal : 07 November 2013
Jam : 13.00 WIB s/d selesai
Tempat : Rumah Makan Pusako Duo
Disahkan
Oleh
Mengetahui Narasumber
Dosen pengampu Pemilik RM Pusako
Prof. Dr. Drs. Khairinal, Dpt. BA. M.Si Thomas Darman
DAFTAR
ISI
Halaman Judul................................................................................................ i
Kata Pengantar .............................................................................................. ii
Halaman Pengesahan ........................................................................
iii
Daftar Isi
..........................................................................................
iv
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Penulisan .............................................
1
1.2 Tujuan penulisan ..........................................................
2
1.3 Manfaat ................................................................................. 2
BAB II IMPLEMENTASI
USAHA
2.1 Sejarah Usaha......................................................................... 3
2.2 Bahan Baku ............................................................................ 4
2.3 Permodalan ........................................................................... 4
2.4 Ketenagakerjaan ................................................................... 5
2.5 Produksi Barang .................................................................... 6
2.6 Daerah Pemasaran ................................................................ 7
2.7 Pendistribusian Barang ......................................................... 7
2.8...... Permasalahan
Usaha (Bahan Baku, Modal, Tenaga Kerja, Produksi, pemasaran, Distribusi) 7
2.9...... Upaya
Pemecahan Masalah usaha ....................................... 8
2.10.... Kemungkinan
Masa depan .................................................... 10
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan............................................................................. 11
3.2 Saran Pengembangan Usaha ................................................ 12
DOKUMENTASI .............................................................................................. 13
DAFTAR PUSTAKA .......................................................................................... 16
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Penulisan
Rumah makan adalah istilah umum
untuk menyebut usaha gastronomi yang
menyajikan hidangan kepada masyarakat dan menyediakan tempat untuk menikmati
hidangan itu serta menetapkan tarif tertentu untuk makanan dan
pelayanannya . Walaupun umumnya rumah makan menyajikan makanan di tempat,
tetapi ada juga rumah makan yang menyediakan layanan take-out dining dan
delivery service untuk melayani konsumennya.
Usaha
Rumah Makan adalah suatu usaha yang dinyakini sebagai salah satu bentuk usaha
ekonomi yang memiliki prospek cukup bagus, bahkan dalam kondisi krisis
sekalipun. Namun sering kali ada usaha yang terjadinya suatu gulung tikar
akibat tidak mampu mempertahankan jumlah pengunjungnya. Menyebutkan bahwa
terjadinya suatu kesuksesan usaha dibidang pelayanan makanan dan minuman ini
tidak hanya ditentukan oleh jumlah pengunjungnya, tetapi ditentukan oleh
kemampuan meningkatkan pertumbuhan pelanggannya.
Bisnis kuliner (makanan) menjadi ladang bisnis yang
menarik minat banyak orang. Hal ini disebabkan peluang bisnis pada sektor
makanan lumayan menggiurkan. Selagi manusia
masih membutuhkan makanan maka peluang bisnis di sektor
makanan sangat terbuka. Belum lagi aktivitas manusia yang tidak puas dengan
memasak sendiri tetapi ingin membeli makanan yang sudah jadi. Dalam penulisan
makalah ini, penulis memberikan sebuah contoh tentang seseorang yang bernama
Bapak THOMAS DARMAN yang berani terjun
dalam dunia wirausaha (dalam hal ini dagang) yang bergerak dalam bisnis kuliner
(makanan).
1.2 Tujuan
Penulisan
Dalam
pembuatan makalah ini ada beberapa tujuan yang ingin dicapai,diantaranya :
o
Untuk memenuhi tugas pengantar bisnis.
o
Mempelajari cara sebelum membuka usaha
rumah makan, diharapkan dapat membantu pembaca agar mengetahui cara yang baik
dan benar sebelum membuka usaha rumah makan .
o
Untuk mengetahui prospek kedepan dari
usaha rumah makan.
o
Untuk mengetahui apakah usaha rumah
makan layak atau tidak untuk dijalankan.
o
Agar dapat mengetahui cara-cara untuk
meraih kesuksesan dalam berbisnis rumah makan.
1.3 Manfaat
manfaat yang diharapkan dapat diperoleh
dari pembuataan makalah ini,adalah :
o
Bagi masyarakat, diharapkan agar
benar-benar mengetahui bagaimana cara membuat usaha rumah makan.
o
Bagi penulis, sebagai salah satu sarana
untuk memperdalam ilmu pengetahuan terutama dalam bidang bisnis.
BAB II
IMPLEMENTASI USAHA
2.1 Sejarah Usaha
Proses
bisnis yang baik adalah yang berangkat dari bawah lalu naik setahap demi setahap secara
konsisten. Selain itu butuh pengorbanan dan perjuangan yang besar untuk
sukses. Jatuh dan bangun
dalam usaha bisnis merupakan hal yang biasa terjadi. Namun sikap pantang
menyerah menjadi kunci keberhasilan suatu usaha bisnis. Itulah kira-kira yang
menjadi landasan Bapak Thomas pemilik ”Rumah makan Dendeng Batokok Pusako duo”.
Pria kelahiran Kerinci, 26 Desember 1972 ini awalnya hanya seorang petani di desa
Lempur Tengah kecamatan Gunung Raya di Kabupaten Kerinci. Setelah menikah
dengan ibu Farida mereka hijrah ke
Kota Jambi tahun 2000 untuk memulai usaha rumah makan
kecil-kecilan dengan modal nekad. Mereka memulai langkah awal di jalan slamet
yadi tepatnya di depan Universitas Batanghari. Dengan resep keluarga yang
mereka miliki, usaha yang awalnya dari
tempat sederhana, dinding yang dari papan menumbuhkan hasil yang baik. Dalam
jangka 4 tahun mereka sudah bisa membeli ruko untuk tempat usaha dan sekaligus
tempat tinggalnya. Mereka pindah di jalan Mayjen M Yusuf Singadekane No. 25
Kel. Sungai Putri Kec. Telanaiprura Jambi. Keberhasilan yang mereka raih berkat
doa dan perjuangannya dalam menekuni usaha rumah makan.
2.2 Bahan Baku
Bahan baku yang digunakan sangat banyak dijumpai di pasar
tradisional maupun pasar modern, sehingga tidak khawatir akan kehabisan stok
bahan baku di pasaran. Yang paling penting adalah bahan tersebut masih segar
dan layak untuk diolah menjadi makanan yang akan dijual sehingga menghasilkan
makanan yang berkualitas. Antara lain bahan bakunya sebagai
berikut :
*Ayam
*Daging
sapi
*Ikan
nila *Beras
payo
*Cabe
merah *Tomat
*Buah
nangka *terong
*Rempah-rempah *Bawang merah &
bawang putih
2.3 Permodalan
Modal
yang dikeluarkan pemilik yaitu perhari karna pengeluaran yang dikeluarkan untuk
berbelanja bahan makanan pun juga perhari. Berikut ini adalah rincian perkiraan
modal perhari:
ü Ayam
12 kg = Rp
240.000,-
ü Daging
sapi 12kg = Rp 1.200.000,-
ü Ikan
nila 7 kg = Rp 161.000,-
ü Beras
payo = Rp 450.000,-
ü Cabe
merah 5 kg = Rp 190.000,-
ü Bawang
merah 2 kg = Rp 48.000,-
ü Bawang
putih ¼ kg = Rp 5.000,-
ü Tomat
2 kg = Rp 12.000,-
ü Minyak
curah 10 L = Rp 90.000,-
ü Minyak
kemasan 3 L = Rp 39.000,-
ü Gula
pasir 2 kg = Rp 22.000,-
ü Gas
elpiji = Rp 90.000,-
ü Teh
1 kotak = Rp 8.000,-
ü Jeruk
2 kg = Rp 12.000,-
ü Pipet
1 bungkus = Rp 1.500,-
ü Teh
botol 25 = Rp 100.000,-
ü Pembungkus = Rp 20.000,-
ü Timun
3 kg = Rp 27.000,-
ü Buah
nangka = Rp 10.000,-
ü Daun
singkong = Rp 10.000,-
ü Kopi
= Rp 8.000,-
TOTAL = Rp
2.743.500,-
2.4 Ketenagakerjaan
Disini
pemilik berperan penting dalam usahanya . pagi-pagi Pak Thomas dan Ibu Farida
pergi kepasar untuk membeli bahan baku. Sepulangnya dari pasar Ibu Farida melanjutkan
tugas nya yaitu memasak makanan untuk di perjualkan. Tetapi Pak Thomas dan Ibu
Farida tidak berdua menjalankan usahanya , mereka mempunyai 6 karyawan untuk
membantunya dalam memasak , melayani pelanggan dan hal-hal dalam kegiatan usaha
rumah makan ini . satu karyawannya di gaji @Rp 1.000.000,-
2.5 Produksi Barang
Berikut daftar menu sekaligus harga yang ditawarkan oleh Pusako Duo :
·
Makanan
Jenis Makanan
|
Harga
|
Dendeng
|
Rp 9.000,-
|
Rendang
|
Rp 9.000,-
|
Ikan Bakar
|
Rp 9.000,-
|
Ikan Gulai
|
Rp 9.000,-
|
Ayam Bakar
|
Rp 9.000,-
|
Ayam Goreng
|
Rp 9.000,-
|
Ayam Gulai
|
Rp 9.000,-
|
Gulai Nangka
|
Rp 5.000,-
|
Sambal Terong
|
Rp 5.000,-
|
Perkedel
|
Rp 2.000,-
|
- Minuman
Jenis
Minuman
|
Harga
|
Es Jeruk
|
Rp 6.000,-
|
Kopi Susu
|
Rp 6.000,-
|
Es Teh
|
Rp 5.000,-
|
Kopi
|
Rp 4.000,-
|
Teh Botol
|
Rp 4.000,-
|
Nasi bungkus :
Rp
13.000,-
Nasi Kotak :
Rp 15.000,-
2.6 Daerah Pemasaran
Usaha Bapak thomas
ini diberi nama “Rumah Makan Pusako Duo” yang beralamat di jalan Mayjen M Yusuf
Singadekane No. 25 Kel. Sungai Putri Kec. Telanaiprura Jambi.
2.7 Pendistribusian
Barang
Distribusi
adalah kegiatan menyalurkan barang hasil produksi ke konsumen dengan cara jual
beli. Cara pendisribusian rumah makan yaitu dengan konsumennya yang datang
langsung ke tempat usaha. Tapi bisa juga catering via telepon. Biasanya memesan
dalam jumlah banyak.
Pemasaran
merupakan ujung tombak dari bisnis yang kita miliki. Sebagus apapun produk dari
bisnis yang kita miliki, tanpa pemasaran yang baik menjadi tidak ada artinya.
Pemasaran bisnis usaha kecil tidak semata-mata menjual hasil produksi, tetapi
juga menciptakan image bahwa
produk kita baik dan berkualitas.
2.8 Permasalahan
Usaha
v Bahan
Baku
Harga bahan baku yang tidak stabil ,
ketika harga naik drastis membuat pedangang merugi. Dan ketika mendapatkan
bahan baku yang tidak bagus.
v Modal
Modal
yang tidak mencukupi untuk berbelanja
esok harinya, karna pemilik menghitung modal dan pendapatan per hari.
v Tenaga
Kerja
Karyawan yang tidak disiplin dan
efektif dalam bekerja bisa memperhambat usaha yang di jalankan pak Thomas.
v Produksi
Mendapatkan bahan baku yang tidak
berkualitas sehingga berpengaruh citra rasa pada makanan yang akan disajikan.
v Pemasaran
Terdapat kurangnya pelayanan dari
karyawan, terkadang kesalahan dari pengucapan kata.
v Distribusi
Ketika hari libur , pelanggan yang
datang sedikit karna usaha rumah makan ini berada di tengah-tengah kantor.
2.9 Upaya Pemecahan Masalah Usaha
v Bahan
baku
Meminimalisirkan makanan , misalnya
kalau biasanya 1 kg ayam dapat 8 potong ketika harga naik potongannya dikurangi
menjadi 6 atau 7 potong. Jika mendapat bahan baku yang tidak berkualitas maka
untuk kedepan nya lebih memilah-milah lagi.
v Modal
Jika modal yang kurang dalam jumlah
sedikit maka ditutupi dengan uang pribadi apabila dalam jumlah besar maka di
usahakan meminjam uang di bank.
v Tenaga
Kerja
Lebih mengawasi karyawan agar
kerjanya lebih bagus, mengingatkan karyawan jika salah. Kalau tidak bisa di
nasehati maka pemilik mengambil keputusan yang tegas.
v Produksi
Lebih memperhatikan bahan baku ,
karna citra rasa makan itu paling penting.
v Pemasaran
Menyusun strategi bagaimana membuat
pelanggan tetap menjadikan rumah makan ini tempat makan kedua setelah rumahnya
sendiri.
v Distribusi
Mempromosikan kepada konsumen tentang keunggulan rumah
makan ini dengan makanan lain yang sejenis.
promosi dari mulut ke mulut masih menjadi pilihan utama dalam usaha makanan.
Pelayanan yang memuaskan akan membuat pelanggan merekomendasikan usaha makanan
anda ke teman atau relasinya sehingga usaha anda akan cepat dikenal. Selain
itu, promosi dapat dilakukan melalui media spanduk, papan nama, pamflet atau
leaflet
2.10 Kemungkinan Masa Depan Usaha
Dengan
usaha yang selalu memberikan yang terbaik
kepada pelanggan, pemilik berharap usaha nya ini semakin maju dengan
diiringi pula pelayanan yang semakin membuat pelanggan tidak mau berpaling dari
rumah makan yang lain.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Kesimpulannya yaitu memang saat ini
usaha rumah makan sedang banyak digemari oleh para usahawan, ada juga yang
bermula dari dekedar hobi memasak hingga akhirnya memutuskan untuk membuka
usaha rumah makan. Bisnis rumah makan adalah bisnis yang menjanjikan, karena
itu dengan kita menjadi pengusaha rumah makan kita bisa meraih keuntungan yang
sangat banyak. Tetapi bisnis makanan termasuk bisnis yang beresiko besar.
Karena bisnis makanan beda dengan bisnis-bisnis lain. Kecuali yang kita jual
adalah makanan kering, yang bisa bertahan sampai berbulan-bulan. Namun jika
anda yakin pangsa pasarnya yang bagus, maka bisnis makanan akan memberi
keuntungan yang berlipat ganda. Persiapan pertama untuk memulai bisnis apa
saja, termasuk rumah makan adalah mempersiapkan mental untuk menghadapi
tantangan ketakutan dan keraguan akan kegagalan. Setelah langkah pertama ini,
kini menyangkut masalah operasional dari rencana usaha Anda. Masalah-masalah
teknis yang menyangkut seluk beluk pekerjaan perlu disiapkan rapi.
3.2 Saran
Pengembangan Usaha
Saran
dari penulis yaitu dalam berbisnis apapun kita harus mempunyai kreatifitas yang
tinggi, sehingga para konsumen tidak bosan atau jenuh untuk memakan atau
memakai produk yang kita buat. Dalam berbisnis rumah makan kita harus mempunyai
konsep untuk menarik para konsumen, sehingga banyak konsumen yang datang ke
rumah makan itu sendiri, kita juga harus memperhatikan lokasi tempat usaha,
sebaiknya lokasi berbisnis harus strategis sehingga banyak konsumen yang
berdatangan, dan juda kita haeus mengingat bahwa pembeli adalah raja sehingga
kita harus ramah pada setiap konsumen atau pembeli yang berdatangan.
Demikianlah makalah ini saya buat,
semoga dapat memberikan manfaat kepada rekan-rekan. Satu hal yang paling
penting, jangan pernah takut akan kegagalan. Tidak ada salahnya mencoba.
Halo semua, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warganegara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan medium ini untuk memberi nasihat konkrit kepada semua warganegara Indonesia yang mencari pinjaman dalam talian untuk berhati-hati kerana internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya sangat memerlukan pinjaman , kerana kewangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya terdesak untuk mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sehingga seorang kawan saya bernama EWITA YUDA memberitahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat boleh dipercayai bernama Puan ESTHER PATRICK Cawangan Pengurus Pinjaman Akses, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman sebanyak Rp600,000,000 dalam masa kurang dari 12 jam pada kadar faedah 2% dan yang mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.
BalasHapusSaya menerima pinjaman saya dalam akaun bank saya selepas Madam. LADY ESTHER telah meminjamkan pinjaman kepada saya, apabila saya menyemak baki akaun bank saya dan mendapati bahawa jumlah yang saya terima itu telah dikreditkan ke akaun bank saya. dan saya mempunyai bukti dengan saya, kerana saya masih terkejut, e-melnya (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)
Jadi untuk kerja yang baik LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberitahu dan berkongsi kesaksian saya tentang LADY ESTHER, jadi orang dari negara saya dan bandar saya boleh mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan. Jadi, jika anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui e-mel: (estherpatrick83@gmail.com) sila hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahawa saya melakukan ini tetapi saya sangat gembira sekarang dan saya membuat keputusan untuk memberitahu orang ramai tentangnya, Dia menawarkan semua jenis pinjaman kepada individu dan syarikat dan juga saya mahu Tuhan memberkati dia lebih banyak,
Anda juga boleh menghubungi saya di e-mel saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya seorang pemilik perniagaan wanita yang baik dan hebat di kota saya, Semoga Tuhan Yang Maha Esa terus memberkati LADY ESTHER untuk kerja yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
Tolong beritahu saya untuk maklumat lanjut tentang Ibu dan saya akan memberi arahan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui e-mel: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua