Selasa, 13 Januari 2015

Implementasi Usaha Bisnis Bidang Rumah Makan di Kota Jambi

Implementasi Usaha Bisnis Bidang
Rumah Makan di Kota Jambi

Disusun oleh :
Revie Daramitha Utami
A1A113002

PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JAMBI
2013

KATA PENGANTAR
            Puji syukur kita ucapkan kehadirat Allah SWT Yang Maha Mendengar Lagi Maha Melihat dan atas segala limpahan rahmat, taufik, serta hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis yang berbentuk makalah ini dengan judul “ Implementasi Usaha Bisnis Bidang Rumah Makan di Kota Jambi” sesuai dengan waktu yang direncanakan.
            Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Nabi Besar Muhammaad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya yang membantu perjuangan beliau dalam menegakkan Dinullah dimuka bumi ini.
            Dalam penulisan makalah ini, tentunya banyak pihak yang telah memberikan bantuan baik moril maupun materil, oleh karena itu penulis ingin menyampaikan  ucapan terima kasih kepada :
1.      Bapak Prof. Dr. Drs. Khairinal,  Dpt. BA. M.Si , selaku dosen pengampu mata kuliah pengantar bisnis.
2.      Bapak Thomas Darman selaku narasumber.
3.      Kepada semua sahabat dan teman-teman satu angkatan yang penulis tidak sebutkan namanya satu persatu.
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, maka saran dan kritik yang konstruktif dari semua pihak sangat diharapkan demi penyempurnaan makalah ini selanjutnya.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak, khususnya bagi penulis dan pada pembaca pada umumnya, semoga Allah SWT meridhoi dan dicatat sebagai ibadah disisi-Nya, Amin ya rabbal Alamin.
Jambi,  09 November 2013
                                                                                                                                                                                                                                                Penulis,
HALAMAN PENGESAHAN

Makalah ini telah melalui tahap wawancara kepada narasumber pada :
Hari                               :    Kamis
Tanggal                         :    07 November 2013
Jam                               :    13.00 WIB s/d selesai
Tempat                         :    Rumah Makan Pusako Duo



Disahkan Oleh
                              
       Mengetahui                                                                 Narasumber
               Dosen pengampu                                                       Pemilik RM Pusako


Prof. Dr. Drs. Khairinal,  Dpt. BA. M.Si                                        Thomas Darman
                       



DAFTAR ISI
Halaman Judul................................................................................................ i
Kata Pengantar .............................................................................................. ii
Halaman Pengesahan ........................................................................ iii
Daftar Isi .......................................................................................... iv
BAB I   PENDAHULUAN
            1.1       Latar Belakang Penulisan  ............................................. 1
            1.2       Tujuan penulisan .......................................................... 2
            1.3       Manfaat ................................................................................. 2
BAB II  IMPLEMENTASI USAHA
2.1       Sejarah Usaha......................................................................... 3
            2.2       Bahan Baku ............................................................................ 4
            2.3       Permodalan ........................................................................... 4
            2.4       Ketenagakerjaan ...................................................................  5
            2.5       Produksi Barang ....................................................................  6
            2.6       Daerah Pemasaran ................................................................  7
            2.7       Pendistribusian Barang .........................................................  7
2.8...... Permasalahan Usaha (Bahan Baku, Modal, Tenaga Kerja, Produksi, pemasaran, Distribusi)          7
2.9...... Upaya Pemecahan Masalah usaha ....................................... 8
2.10.... Kemungkinan Masa depan .................................................... 10
BAB III PENUTUP
            3.1       Kesimpulan............................................................................. 11
            3.2       Saran Pengembangan Usaha ................................................ 12
DOKUMENTASI .............................................................................................. 13
DAFTAR PUSTAKA .......................................................................................... 16





BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Penulisan
                  Rumah makan adalah istilah umum untuk menyebut usaha gastronomi yang menyajikan hidangan kepada masyarakat dan menyediakan tempat untuk menikmati hidangan itu serta menetapkan tarif  tertentu untuk makanan dan pelayanannya . Walaupun umumnya rumah makan menyajikan makanan di tempat, tetapi ada juga rumah makan yang menyediakan layanan take-out dining dan delivery service untuk melayani konsumennya.
           Usaha Rumah Makan adalah suatu usaha yang dinyakini sebagai salah satu bentuk usaha ekonomi yang memiliki prospek cukup bagus, bahkan dalam kondisi krisis sekalipun. Namun sering kali ada usaha yang terjadinya suatu gulung tikar akibat tidak mampu mempertahankan jumlah pengunjungnya. Menyebutkan bahwa terjadinya suatu kesuksesan usaha dibidang pelayanan makanan dan minuman ini tidak hanya ditentukan oleh jumlah pengunjungnya, tetapi ditentukan oleh kemampuan meningkatkan pertumbuhan pelanggannya.
           Bisnis kuliner (makanan) menjadi ladang bisnis yang menarik minat banyak orang. Hal ini disebabkan peluang bisnis pada sektor makanan lumayan menggiurkan. Selagi manusia masih membutuhkan makanan maka peluang bisnis di sektor makanan sangat terbuka. Belum lagi aktivitas manusia yang tidak puas dengan memasak sendiri tetapi ingin membeli makanan yang sudah jadi. Dalam penulisan makalah ini, penulis memberikan sebuah contoh tentang seseorang yang bernama Bapak THOMAS DARMAN yang berani terjun dalam dunia wirausaha (dalam hal ini dagang) yang bergerak dalam bisnis kuliner (makanan).

1.2  Tujuan Penulisan
Dalam pembuatan makalah ini ada beberapa tujuan yang ingin dicapai,diantaranya :
o   Untuk memenuhi tugas pengantar bisnis.
o   Mempelajari cara sebelum membuka usaha rumah makan, diharapkan dapat membantu pembaca agar mengetahui cara yang baik dan benar sebelum membuka usaha rumah makan .
o   Untuk mengetahui prospek kedepan dari usaha rumah makan.
o   Untuk mengetahui apakah usaha rumah makan layak atau tidak untuk dijalankan.
o   Agar dapat mengetahui cara-cara untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis rumah makan.


1.3  Manfaat
manfaat yang diharapkan dapat diperoleh dari pembuataan makalah ini,adalah :
o   Bagi masyarakat, diharapkan agar benar-benar mengetahui bagaimana cara membuat usaha rumah makan.
o   Bagi penulis, sebagai salah satu sarana untuk memperdalam ilmu pengetahuan terutama dalam bidang bisnis.

BAB II
IMPLEMENTASI USAHA


2.1  Sejarah Usaha
        Proses bisnis yang baik adalah yang berangkat dari bawah  lalu naik setahap demi setahap secara konsisten. Selain itu butuh  pengorbanan dan perjuangan yang besar untuk sukses. Jatuh dan bangun dalam usaha bisnis merupakan hal yang biasa terjadi. Namun sikap pantang menyerah menjadi kunci keberhasilan suatu usaha bisnis. Itulah kira-kira yang menjadi landasan Bapak Thomas pemilik ”Rumah makan Dendeng Batokok Pusako duo”.
Pria kelahiran Kerinci, 26 Desember 1972 ini awalnya hanya seorang petani di desa Lempur Tengah kecamatan Gunung Raya di Kabupaten Kerinci. Setelah menikah dengan ibu Farida mereka hijrah ke Kota Jambi tahun 2000 untuk memulai usaha rumah makan kecil-kecilan dengan modal nekad. Mereka memulai langkah awal di jalan slamet yadi tepatnya di depan Universitas Batanghari. Dengan resep keluarga yang mereka miliki,  usaha yang awalnya dari tempat sederhana, dinding yang dari papan menumbuhkan hasil yang baik. Dalam jangka 4 tahun mereka sudah bisa membeli ruko untuk tempat usaha dan sekaligus tempat tinggalnya. Mereka pindah di jalan Mayjen M Yusuf Singadekane No. 25 Kel. Sungai Putri Kec. Telanaiprura Jambi. Keberhasilan yang mereka raih berkat doa dan perjuangannya dalam menekuni usaha rumah makan.


2.2  Bahan Baku
Bahan baku yang digunakan sangat banyak dijumpai di pasar tradisional maupun pasar modern, sehingga tidak khawatir akan kehabisan stok bahan baku di pasaran. Yang paling penting adalah bahan tersebut masih segar dan layak untuk diolah menjadi makanan yang akan dijual sehingga menghasilkan makanan yang berkualitas. Antara lain bahan bakunya sebagai berikut :
     *Ayam                                        *Daging sapi
     *Ikan nila                                   *Beras payo
     *Cabe merah                               *Tomat
     *Buah nangka                              *terong
        *Rempah-rempah                        *Bawang merah & bawang putih

2.3  Permodalan
        Modal yang dikeluarkan pemilik yaitu perhari karna pengeluaran yang dikeluarkan untuk berbelanja bahan makanan pun juga perhari. Berikut ini adalah rincian perkiraan modal perhari:
ü  Ayam 12 kg                        =               Rp 240.000,-
ü  Daging sapi 12kg                =               Rp 1.200.000,-
ü  Ikan nila 7 kg                     =               Rp 161.000,-
ü  Beras payo                         =               Rp 450.000,-
ü  Cabe merah 5 kg                =               Rp 190.000,-
ü  Bawang merah 2 kg             =               Rp 48.000,-
ü  Bawang putih ¼ kg              =               Rp 5.000,-
ü  Tomat 2 kg                        =               Rp 12.000,-
ü  Minyak curah 10 L               =               Rp 90.000,-
ü  Minyak kemasan 3 L            =               Rp 39.000,-
ü  Gula pasir 2 kg                   =               Rp 22.000,-
ü  Gas elpiji                           =               Rp 90.000,-
ü  Teh 1 kotak                        =               Rp 8.000,-
ü  Jeruk 2 kg                         =               Rp 12.000,-
ü  Pipet 1 bungkus                  =               Rp 1.500,-
ü  Teh botol 25                      =               Rp 100.000,-
ü  Pembungkus                        =               Rp 20.000,-
ü  Timun 3 kg                         =               Rp 27.000,-
ü  Buah nangka                       =               Rp 10.000,-
ü  Daun singkong                    =               Rp 10.000,-
ü  Kopi                                   =               Rp 8.000,-

                         TOTAL        =    Rp 2.743.500,-

2.4  Ketenagakerjaan
         Disini pemilik berperan penting dalam usahanya . pagi-pagi Pak Thomas dan Ibu Farida pergi kepasar untuk membeli bahan baku. Sepulangnya dari pasar Ibu Farida melanjutkan tugas nya yaitu memasak makanan untuk di perjualkan. Tetapi Pak Thomas dan Ibu Farida tidak berdua menjalankan usahanya , mereka mempunyai 6 karyawan untuk membantunya dalam memasak , melayani pelanggan dan hal-hal dalam kegiatan usaha rumah makan ini . satu karyawannya di gaji @Rp 1.000.000,-


2.5  Produksi Barang
        Berikut daftar menu sekaligus harga yang ditawarkan oleh Pusako Duo :
·         Makanan
Jenis Makanan
Harga
Dendeng
Rp 9.000,-
Rendang
Rp 9.000,-
Ikan Bakar
Rp 9.000,-
Ikan Gulai
Rp 9.000,-
Ayam Bakar
Rp 9.000,-
Ayam Goreng
Rp 9.000,-
Ayam Gulai
Rp 9.000,-
Gulai Nangka
Rp 5.000,-
Sambal Terong
Rp 5.000,-
Perkedel
Rp 2.000,-








  • Minuman
Jenis Minuman
Harga
Es Jeruk
Rp 6.000,-
Kopi Susu
Rp 6.000,-
Es Teh
Rp 5.000,-
Kopi
Rp 4.000,-
Teh Botol
Rp 4.000,-
Nasi bungkus :
Rp 13.000,-
Nasi Kotak :
          Rp 15.000,-


2.6  Daerah Pemasaran
     Usaha Bapak thomas ini diberi nama “Rumah Makan Pusako Duo” yang beralamat di jalan Mayjen M Yusuf Singadekane No. 25 Kel. Sungai Putri Kec. Telanaiprura Jambi.

2.7  Pendistribusian Barang
            Distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang hasil produksi ke konsumen dengan cara jual beli. Cara pendisribusian rumah makan yaitu dengan konsumennya yang datang langsung ke tempat usaha. Tapi bisa juga catering via telepon. Biasanya memesan dalam jumlah banyak.
Pemasaran merupakan ujung tombak dari bisnis yang kita miliki. Sebagus apapun produk dari bisnis yang kita miliki, tanpa pemasaran yang baik menjadi tidak ada artinya. Pemasaran bisnis usaha kecil tidak semata-mata menjual hasil produksi, tetapi juga menciptakan image bahwa produk kita baik dan berkualitas.

2.8  Permasalahan Usaha
v Bahan Baku
            Harga bahan baku yang tidak stabil , ketika harga naik drastis membuat pedangang merugi. Dan ketika mendapatkan bahan baku yang tidak bagus.

v Modal
            Modal yang tidak mencukupi untuk berbelanja  esok harinya, karna pemilik menghitung modal dan pendapatan per hari.
v Tenaga Kerja
            Karyawan yang tidak disiplin dan efektif dalam bekerja bisa memperhambat usaha yang di jalankan pak Thomas.

v Produksi
            Mendapatkan bahan baku yang tidak berkualitas sehingga berpengaruh citra rasa pada makanan yang akan disajikan.

v Pemasaran
           Terdapat kurangnya pelayanan dari karyawan, terkadang kesalahan dari pengucapan kata.

v Distribusi
           Ketika hari libur , pelanggan yang datang sedikit karna usaha rumah makan ini berada di tengah-tengah kantor.

2.9  Upaya Pemecahan Masalah Usaha
v Bahan baku
            Meminimalisirkan makanan , misalnya kalau biasanya 1 kg ayam dapat 8 potong ketika harga naik potongannya dikurangi menjadi 6 atau 7 potong. Jika mendapat bahan baku yang tidak berkualitas maka untuk kedepan nya lebih memilah-milah lagi.
v Modal
            Jika modal yang kurang dalam jumlah sedikit maka ditutupi dengan uang pribadi apabila dalam jumlah besar maka di usahakan meminjam uang di bank.

v Tenaga Kerja
            Lebih mengawasi karyawan agar kerjanya lebih bagus, mengingatkan karyawan jika salah. Kalau tidak bisa di nasehati maka pemilik mengambil keputusan yang tegas.

v Produksi
            Lebih memperhatikan bahan baku , karna citra rasa makan itu paling penting.

v Pemasaran
            Menyusun strategi bagaimana membuat pelanggan tetap menjadikan rumah makan ini tempat makan kedua setelah rumahnya sendiri.

v Distribusi
Mempromosikan kepada konsumen tentang keunggulan rumah makan ini dengan makanan lain yang sejenis. promosi dari mulut ke mulut masih menjadi pilihan utama dalam usaha makanan. Pelayanan yang memuaskan akan membuat pelanggan merekomendasikan usaha makanan anda ke teman atau relasinya sehingga usaha anda akan cepat dikenal. Selain itu, promosi dapat dilakukan melalui media spanduk, papan nama, pamflet atau leaflet

2.10    Kemungkinan Masa Depan Usaha
        Dengan usaha yang selalu memberikan yang terbaik   kepada pelanggan, pemilik berharap usaha nya ini semakin maju dengan diiringi pula pelayanan yang semakin membuat pelanggan tidak mau berpaling dari rumah makan yang lain.












BAB III
PENUTUP

3.1  Kesimpulan
Kesimpulannya yaitu memang saat ini usaha rumah makan sedang banyak digemari oleh para usahawan, ada juga yang bermula dari dekedar hobi memasak hingga akhirnya memutuskan untuk membuka usaha rumah makan. Bisnis rumah makan adalah bisnis yang menjanjikan, karena itu dengan kita menjadi pengusaha rumah makan kita bisa meraih keuntungan yang sangat banyak. Tetapi bisnis makanan termasuk bisnis yang beresiko besar. Karena bisnis makanan beda dengan bisnis-bisnis lain. Kecuali yang kita jual adalah makanan kering, yang bisa bertahan sampai berbulan-bulan. Namun jika anda yakin pangsa pasarnya yang bagus, maka bisnis makanan akan memberi keuntungan yang berlipat ganda. Persiapan pertama untuk memulai bisnis apa saja, termasuk rumah makan adalah mempersiapkan mental untuk menghadapi tantangan ketakutan dan keraguan akan kegagalan. Setelah langkah pertama ini, kini menyangkut masalah operasional dari rencana usaha Anda. Masalah-masalah teknis yang menyangkut seluk beluk pekerjaan perlu disiapkan rapi.


       
3.2  Saran Pengembangan Usaha
Saran dari penulis yaitu dalam berbisnis apapun kita harus mempunyai kreatifitas yang tinggi, sehingga para konsumen tidak bosan atau jenuh untuk memakan atau memakai produk yang kita buat. Dalam berbisnis rumah makan kita harus mempunyai konsep untuk menarik para konsumen, sehingga banyak konsumen yang datang ke rumah makan itu sendiri, kita juga harus memperhatikan lokasi tempat usaha, sebaiknya lokasi berbisnis harus strategis sehingga banyak konsumen yang berdatangan, dan juda kita haeus mengingat bahwa pembeli adalah raja sehingga kita harus ramah pada setiap konsumen atau pembeli yang berdatangan.
         Demikianlah makalah ini saya buat, semoga dapat memberikan manfaat kepada rekan-rekan. Satu hal yang paling penting, jangan pernah takut akan kegagalan. Tidak ada salahnya mencoba.






1 komentar:

  1. Halo semua, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warganegara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan medium ini untuk memberi nasihat konkrit kepada semua warganegara Indonesia yang mencari pinjaman dalam talian untuk berhati-hati kerana internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya sangat memerlukan pinjaman , kerana kewangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya terdesak untuk mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sehingga seorang kawan saya bernama EWITA YUDA memberitahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat boleh dipercayai bernama Puan ESTHER PATRICK Cawangan Pengurus Pinjaman Akses, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman sebanyak Rp600,000,000 dalam masa kurang dari 12 jam pada kadar faedah 2% dan yang mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya dalam akaun bank saya selepas Madam. LADY ESTHER telah meminjamkan pinjaman kepada saya, apabila saya menyemak baki akaun bank saya dan mendapati bahawa jumlah yang saya terima itu telah dikreditkan ke akaun bank saya. dan saya mempunyai bukti dengan saya, kerana saya masih terkejut, e-melnya (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk kerja yang baik LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberitahu dan berkongsi kesaksian saya tentang LADY ESTHER, jadi orang dari negara saya dan bandar saya boleh mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan. Jadi, jika anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui e-mel: (estherpatrick83@gmail.com) sila hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahawa saya melakukan ini tetapi saya sangat gembira sekarang dan saya membuat keputusan untuk memberitahu orang ramai tentangnya, Dia menawarkan semua jenis pinjaman kepada individu dan syarikat dan juga saya mahu Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga boleh menghubungi saya di e-mel saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya seorang pemilik perniagaan wanita yang baik dan hebat di kota saya, Semoga Tuhan Yang Maha Esa terus memberkati LADY ESTHER untuk kerja yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong beritahu saya untuk maklumat lanjut tentang Ibu dan saya akan memberi arahan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui e-mel: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus